Deskripsi Awal
Prodi Pendidikan Biologi adalah salah satu dari dua prodi yang ada di Jurusan Biologi. Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan biologi dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran biologi untuk tingkat pendidikan dasar sampai menengah bahkan tinggi dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional, terampil, dan peka terhadap konservasi lingkungan dan sosial-budaya. Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi juga dibekali keterampilan kepariwisataan pendidikan (bioeduwisata) dan kewirausahaan (bioenterpreneurship) serta pengelolaan bidang kependidikan.
Prodi Pendidikan Biologi adalah salah satu dari dua prodi yang ada di Jurusan Biologi. Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan biologi dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran biologi untuk tingkat pendidikan dasar sampai menengah bahkan tinggi dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional, terampil, dan peka terhadap konservasi lingkungan dan sosial-budaya. Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi juga dibekali keterampilan kepariwisataan pendidikan (bioeduwisata) dan kewirausahaan (bioenterpreneurship) serta pengelolaan bidang kependidikan.
Mengapa Memilih
1. Sumberdaya manusia / dosen memiliki latar belakang bergam terkait dengan biologi dan pendidikan biologi
2. Sarana perkuliahan representatif
3. Didukung sarana laboratorium biologi dan microteaching yang memadai serta kebun wisata pendidikan
4. Pembelajaran berciri pendekatan pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS)
5. Mengembangkan bioedutainment yang berbasis PAKEM
6. Laboratorium Microteaching dilengkapi peralatan studio pembuatan media pembelajaran yang memberi peluang pada mahasiswa mengembangkan diri sebagai ahli media
7. Memiliki unit-unit kegiatan kemahasiswaan yang berbasis pada penelitian (green community), kewirausahaan (cempaka biofarm, rumah teduh, rumah anggrek, rumah daun), kemanusiaan (KSR PMI), religi (familia), pengembangan diri (jasmina study club), musik (biology music club), kepramukaan, mahapala
1. Sumberdaya manusia / dosen memiliki latar belakang bergam terkait dengan biologi dan pendidikan biologi
2. Sarana perkuliahan representatif
3. Didukung sarana laboratorium biologi dan microteaching yang memadai serta kebun wisata pendidikan
4. Pembelajaran berciri pendekatan pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS)
5. Mengembangkan bioedutainment yang berbasis PAKEM
6. Laboratorium Microteaching dilengkapi peralatan studio pembuatan media pembelajaran yang memberi peluang pada mahasiswa mengembangkan diri sebagai ahli media
7. Memiliki unit-unit kegiatan kemahasiswaan yang berbasis pada penelitian (green community), kewirausahaan (cempaka biofarm, rumah teduh, rumah anggrek, rumah daun), kemanusiaan (KSR PMI), religi (familia), pengembangan diri (jasmina study club), musik (biology music club), kepramukaan, mahapala
Kompetensi Lulusan
1. Kompetensi Lulusan
a. Kompetensi Utama
1) Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang pendidikan biologi, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah kependidikan biologi
2) Menguasai konsep teoritis bidang pendidikan secara umum dan konsep teoritis kependidikan biologi secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang kependidikan biologi
b. Kompetensi Pendukung
1) Mampu menyelenggarakan pembelajaran biologi menggunakan strategi inovatif yang berwawasan konservasi dalam suasana akademik yang demokratis.
2) Cerdas memilah dan memilih media dan alat evaluasi sesuai kurikulum yang diajarkannya dengan mengamalkan nilai konservasi dan menumbuhkan karakter peserta didiknya.
3) Mampu menjadi model bagi pembelajar sebagai warga negara yang religious, toleran, dan bertanggung jawab.
c. Kompetensi Lain
1) mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi
2) bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi
1. Kompetensi Lulusan
a. Kompetensi Utama
1) Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang pendidikan biologi, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah kependidikan biologi
2) Menguasai konsep teoritis bidang pendidikan secara umum dan konsep teoritis kependidikan biologi secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang kependidikan biologi
b. Kompetensi Pendukung
1) Mampu menyelenggarakan pembelajaran biologi menggunakan strategi inovatif yang berwawasan konservasi dalam suasana akademik yang demokratis.
2) Cerdas memilah dan memilih media dan alat evaluasi sesuai kurikulum yang diajarkannya dengan mengamalkan nilai konservasi dan menumbuhkan karakter peserta didiknya.
3) Mampu menjadi model bagi pembelajar sebagai warga negara yang religious, toleran, dan bertanggung jawab.
c. Kompetensi Lain
1) mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi
2) bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar