MATA KULIAH PKN
-
1.
MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
( MPK ) PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MERUPAKAN
KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) PD SELURUH PERGURUAN TINGGI
INDONESIA. KBK MENEKANKAN KEJELASAN HASIL DIDIK SESEORANG YG
KOMPETEN DALAM HAL :1. PENGUASAI ILMU PENGETAHUAN2. MENGUASAI
PENERAPAN ILMU PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DALAM BENTUK
KEKARYAAN.3. MENGUASAI SIKAP BERKARYA4. MENGUASAI SIKAP DAN
KEMAMPUAN DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA
DENGAN PILIHAN KEKARYAAN.
-
2.
• UU NO. 20/2003 TTG SISDIKNAS MENETAPKAN
KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI WAJIB MEMUAT: a. PENDIDIKAN AGAMA.
b. PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN c. BAHASA.• SECARA KUALITAS VISI
PENDIDIKAN TINGGI NASIONAL 2010: 1. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN
INTELEKTUAL UTK JADI WARGANEGARA YG BAIK DAN BERTANGGUNGJAWAB BAGI
KEMAMPUAN BERSAING BANGSA MENCAPAI KEHIDUPAN YG BERMAKNA.
2. MEMBANGUN SUATU SISTEM PENDIDIKAN TINGGI YANG BERKONTRIBUSI
DLM PEMBANGUNAN MASYARAKAT YG DEMOKRATIS, BERKEADABAN, INKLUSIF,
MENJAGA PERSATUAN DAN KESATUAN NASIONAL.
-
3.
VISI & MISI MATA KULIAH PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAANVISI MPK DI PERGURUAN TINGGI MERUPAKAN SUMBER NILAI DAN
PEDOMAN DALAM PENGEMBANGAN DAN PENYELENGGARAAN
PROGRAM STUDI GUNA MENGANTAR KAN MAHASISWA MEMANTAPKAN
KEPERIBADIANNYA SEBAGAI MANUSIA INDONESIA SEUTUHNYA.MISI MPK DI
PERGURUAN TINGGI MERUPAKAN MEMBANTU MAHASISWA MEMANTAPKAN
KEPERIBADIANNYA AGAR SECARA KONSISTEN MAMPU MEWUJUDKAN NILAI-NILAI
DASAR PANCASILA, RASA KEBANGSAAN, DAN CINTA TERHADAP TANAH AIR
SEPANJANG HAYAT DALAM MENGUASAI, MENERAPKAN DAN MENGEMBANGKAN ILMU
PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN SENI DENGAN RASA TANGGUNG JAWAB.
-
4.
POKOK2 BAHASAN DAN MATERI MATA KILUAH PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN ( MPK ),1. PENGANTAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK
MEMBANGUN MASYARAKAT DEMOKRATIS DAN BRKEADABAN
DALAM TINJAUAN FILOSOFIS DAN PEDAGOGIS.2. PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI3. PANCASILA SEBAGAI SUATU SISTEM
FILSAFAT4. PANCASILA SBG FILSAFAT BANGSA DAN NEGARA IND.5. IDENTITAS
NASIONAL AKTUALISASI PENGEMBANGANNYA MELALUI REVITALISASI NILAI-NILAI
PANCASILA6. NEGARA DAN KONSTITUSI7. DEMOKRASI INDONESIA8. RULE OF
LOW DAN HAK ASASI MANUSIA.9. HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA10.
GEOPOLITIK INDONESIA11. GEOSTRATEGI INDONESIA
-
5.
TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN:1.
PEKA TERHADAP BERBAGAI MASALAH YG ADA DI LINGKUNGANNYA YG TERKAIT LGSG
PD KEBIJAKAN PUBLIK.2. TANGGAP TERHADAP BERBAGAI IMPLIKASI DR PERMASALA
HAN DR BERBAGAI DIMENSI KEBIJAKAN PUBLIK.3. MAMPU MEMECAHKAN SALAH
SATU MASALAH YG PALING KRUSIAL DILINGKUNGANNYA SECARA SISTEMATIS DAN
KOLEKTIF DGN CARA PANDANG SBG WNI YG DEMOKRATIS4. MAMPU MENGAMBIL
KEPUTUSAN KOLEKTIF SBG REKOMENDASI TERKAIT KEBIJAKAN PULIK YG
RELEVAN5. MAMPU MENSOSIALISASIKAN USULAN KEBIJAKAN YANG
DIREKOMENDASIKAN MELALUI KORIDOR DAN INSTRUMEN DEMOKRASI YG ADA DI
LINGKUNGANNYA.
-
6.
A. PENGANTAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK
MEMBANGUN MASYARAKAT DEMOKRASI DAN BERKEADABAN
DALAM TINJAUAN FILOSOFIS DAN PEDAGOGIS SECARA
KONSTITUSIONAL SESUNGGUHNYA PENDIDIKAN DEMOKRASI DAN HAM SUDAH ADA
SEJAK SEBELUM KEMERDEKAAN DAN AWAL KEMERDEKAAN (1945) YG TUJUAN
NYA “mencerdaskan kehidupan bangsa”. SBG MANA TRSURAT DLM PEMBUKAAN
UUD 1945 DIWUJUDKAN DLM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. NAMUN DLM
PERJALANAN IMPLEMENTASI DAN PRAKTISNYA SANGAT FLUKTUATIF SESUAI DGN
IRAMA DAN IKLIM SOSIAL- POLITIK TERKAIT DGN KEBIJAKAN POLITIK
KENEGARAAN SETIAP KURUN WAKTU KEPEMIMPINAN MULAI DARI PRESIDEN
YG PERTAMA SAMPAI KE VI, BHW PENDIDIKAN DEMOKRASI DAN HAM BELUM
MEMBERIKAN HASIL YG MENGGEMBIRAKAN. SPT KEBEBASAN MENGELUARKAN
PENDAPAT YG CENDRUNG ANARKIS, MELANGGAR HAM, HUKUM TERKALAHKAN OLEH
POLITIK, SERTA TERDEGRADASINYA KEWIBAWAAN PARA PEJABAT NEGARA.
-
7.
OLEH SEBAB ITU PERLUNYA REKONSEPTUALISASI
PENDIDIKAN DEMOKRASI & HAM DI INDONESIA, AGAR NANTINYA DAPAT
DIPEROLEH PARADIGMA PENDIDIKAN DEMOKRASI DAN HAM, YG BUKAN HANYA SECARA
KONSTITUSIONAL ADA TETAPI SECARA INSTRUMENTAL DAN PRAKTIS BENAR2
TERJADI DAN MEMBERIKAN DAMPAK PEDAGOGIS DAN SOSIAL KULTURAL SECARA
KUMULATIF TERHADAP SEMAKIN MENINGKATNYA KUALITAS KEHIDUPAN DEMOKRASI
DAN ber- HAM DI INDONESIA INI BENAR2 DILAKSANAKAN BERDASARKAN
PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945.STELAH REFORMASI BERKUMANDANG
SAAT INI MEMANG SUDAH NAMPAK BAHWA JALAN UNTUK TERLAKSANANYA DEMOKRASI
DAN HAM SUDAH ADA WALAU BELUM SECARA MAKSIMAL DILAKSANAKAN.
-
8.
BEBERAPA UPAYA/ASUMSI MELAKUKAN
REKONSEPTUALISASIPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. ASUMSI2
TERSEBUTADALAH:1. KOMETMEN NASIONAL UTK MEMFUNGSIKAN PENDIDIKAN SBG
WAHANA UTK “mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yg bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa (Pasal 3 UU No. 20/2003)”. MEMERLUKAN WAHANA PSIKO-PEDAGOGIS
(Pengembangan Potensi Peserta Didik di Sekolah) dan
SOSIO-ANDRAGOGIS (Fasilitasi Pemberdayaan Pemuda dan Orang Dewasa dlm
Masyarakat). YG MEMUNGKINKAN TERJADINYA PROSES BELAJAR
BERDEMOKRASI SEPANJANG HAYAT MELALUI PENDIDIKAN
DEMOKRASI.2. TRANSFORMASI DEMOKRASI DLM
MASYARAKAT INDONESIA MEMERLUKAN KONSEPSI YG DIYAKINI BENAR DAN
BERMAKNA YG DIDUKUNG DGN SARANA PENDIDIKAN YG TEPAT SASARAN, TEPAT
STRATEGI, DAN TEPAT KONTEKS, AGAR SETIAP INDIVIDU WNI MAMPU MEMERANKAN
DIRINYA SBG WNI YG CERDAS, DEMOKRATIS, BERWATAK SERTA BERKEADABAN.
-
9.
3. PENDIDIKAN DEMOKRASI YG DILAKUKAN DLM KONTEKS
PENDIDIKAN FORMAL, NONFORMAL DAN INFORMAL SELAMA INI BELUM
MENCAPAI SASARAN OPTIMAL DLM MENGEMBANGKAN MASYARAKAT YG
CERDAS, BAIK DAN BERWATAK SERTA BERKEADABAN. UTK ITU PERLU UPAYA
SISTEMATIS DAN SISTEMIK UTK MENGEMBANGKAN MODEL PENDIDIKAN DEMOKRASI
YG SECARA TEORITIS DAN EMPIRIS, DAN SECARA KONTESTUAL HANDAL SERTA
AKSEPTABEL.4. SECARA PSIKO-PEDAGOGIS DAN SOSIO-ANDRAGOGIS, PENDIDIKAN
DEMOKRASI YG PALING TEPAT ADALAH PENDIDIKAN UTK MENGEMBANGKAN
KEWARGANEGARAAN YG DEMOKRATIS.5. UTK MENDAPATKAN MODEL PENDIDIKAN
KEWARGA NEGARAAN YG SECARA PSIKO-PEDAGOGIS DAN SOSIO- ANDRAGOGIS DAN
HANDAL DIPERLUKAN UPAYA UTK MENGKAJI KEKUATAN KONTEKS, KEHANDALAN
INPUT DAN PROSES, GUNA MENGHASILKAN PRODUK PENDIDIKAN YG MEMADAI
SESUAI DGN VISI DAN MISI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UTK
MASYARAKAT MADANI INDONESIA.
-
10.
SECARA INSTRUMENTAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YG
DIGARISKAN DLM PERATURAN PER-UNDANG2AN :1. … UTK MENDIDIK
WNI YG SEJATI YG BERSEDIA MENYUMBANGKAN TENAGA DAN PIKIRAN UTK
NEGARA DAN MASYARAKAT(BP KNIP 1945)2. … UTK MEMBENTUK MANUSIA
SUSILA YG CAKAP DAN WNI YG DEMOKRATIS, SERTA
BERTANGGUNGJAWAB TENTANG KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
DAN TANAH AIR (DJOJONEGORO, 1996:76).3. … UTK MELAHIRKAN WNI
YG BERTANGGUNGJAWAB ATAS TERSELENGGARANYA MASYARAKAT INDONESIA, ADIL
DAN MAKMUR BAIK SPRITUIL MAUPUN METERIIL DAN BERJIWA PANCASILA
(UU. NO.2/1989 TTG SISDIKNAS)4. UTK MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA DAN
MENGEM BANGKAN MANUSIA INDONESIA SUTUHNYA5. ;;; BERIMAN DAN BERTAQWA
KEPADA TUHAN YME DAN BERBUDI PEKERTI LUHUR, MEMILIKI PENGETAHUAN DAN
KETERAMPILAN, KESEHATAN JASMANI/ROHANI, KEPRIBADIAN YG MANTAP DAN
MANDIRI, SERTA RASA BERTANGGUNGJAWAB
KEMASYARAKATAN DAN KEBANGSAAN.6. … BERKEMBANGNYA POTENSI PESERTA DIDIK
AGAR MENJADI MANUSIA YG BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YME,
BERAKHLAK MULIA, SEHAT, BERILMU, CAKAP, KREATIF, MANDIRI, DAN MENJADI
WNI YG DEMOKRATIS DAN BERTANGGUNGJAWAB (UU NO. 20/2003 TTG
SISDIKNAS)
-
11.
IDENTIFIKASI FAKTOR YG BERPENGARUH TERHADAP
PERKEMBANGAN DEMOKRASI SUATU NEGARA.1. The Degree of Economic
Development (Tingkat Perkembangan Ekonomi)2. A sense of National
Identity (Kesadaran Identitas Nasional)3. Historical Experience
(Pengalaman Sejarah)4. Element of Civic Culture (Budaya Warganegara juga
merupakan Faktor yg Mempengaruhi Perkembangan Demokrasi Suatu
Negara).SALAH SATU UNSUR YG PENTING DLM BUDAYA WARGANEGARA ADALAH
“CIVIC VIRTUE” ATAU KEBIJAKAN ATAU AKHLAK KEWARGWNEGARAAN YG MENCAKUP
KETERLIBATAN AKTIF WN DIYAKINI AKAN MEMUPUK DLM KEHIDUPAN “CIVIC
COMMUNITY” DAN “CIVIL SOCIETY”. ATAU MASYARAKAT MADANI UNTUK
INDONESIA. DGN KATA LAIN TUMBUH DAN BERKEMBANGNYA MASYARAKAT
MADANI BERSIFAT INTERAKTIF DGN TUMBUH DAN BERKEMBANGNYA AKHLAK
KEWARGANEGARAAN (CIVIL VIRTUE) DAN MERUPAKAN UNSUR UTAMA DLM BUDAYA
KEWARGANEGARAAN, SEHINGGA MAMPU MEMBERI
KONTRIBUSI TERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK
KEWARGANEGARAAN YG MENJADI INTI DR MASYARAKAT INDONESIA YG MADANI.
INILAH TANTANGAN KONSEPTUAL DAN OPERASIONAL BAGI PENDIDIKAN DEMOKRASI
DAN HAM DI INDONESIA.
-
12.
• CIVIL CULTURE DLM PENDIDIKAN DEMOKRASI, KONSEP
INI TERKAIT ERAT DGN PERKEMBANGAN “democratic civil society” ATAU
MASYARAKAT MADANI YG MEMPERSYARAT KAN WARGANYA UTK MELAKUKAN PROSES
INDIVIDUALISASI, DIMANA SETIAP ORANG BELAJAR BGMN MELIHAT DIRINYA
DAN ORANG LAIN SBG INDIVIDU YG SAMA HAK DAN KEWAJIBANNYA DAN TDK LAGI
TERIKAT OLEH ATRIBUT2 KHUSUS DLM KONTEKS SUKU, AGAMA, RAS, ANTAR
GOLONGAN, ATAU KELAS2 DLM MASYARAKAT.• MSYARAKAT SIPIL YG DEMOKRATIS
TIDAK MUNGKIN BERKEMBANG TANPA PERANGKAT BUDAYA YG DIPERLUKAN DLM
MASYARAKAT. OLEH KRN ITU CIVIL CULTURE MERUPA KAN SALAH SATU SUMBER
YG SANGAT BERMAKNA BAGI PENGEMBANGAN CIVIC EDUCATION ATAU PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN. SEDANGKAN POLITICAL CULTURE ADALAH PEMIKIRAN YG
KHAS DAN TERPOLAKAN TENTANG BGMN KEHIDUPAN POLITIK DAN EKONOMI
SEHARUSNYA DISELENGGARAKAN DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT.
-
13.
• ANTARA CIVIC CULTURE DENGAN POLITICAL CULTURE
SATU SAMA LAIN MEMILIKI SALING KETERGANTUNGAN (INTERDEPENDENCE). SATU
SISI CIVIC CULTURE MEMBERI KONTRIBUSI DLM MEMBANGUN IDENTITAS
KEWARGANEGA RAAN atau KE-INDONESIA-AN KPD SETIAP WNI TERMASUK KPD
PELAKU POLITIK, SEMENTARA ITU PARA PELAKU POLITIK SECARA SUBSTANSI DAN
PRAKTIS MENGGAMBAR KAN KARAKTER KE-INDONESIA-AN, BUKAN KARAKTER
KOMUNITARIAN (KOMUNITAS) BAIK SUKU, AGAMA, RAS, DAN ANTAR GOLONGAN
SERTA PARTAI POLITIK.• OLEH KARENA ITU IDENTITAS PRIBADI WNI YG
BERSUMBER DR CIVIC CULTURE PERLU DIKEMBANGKAN MELALUI PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN DLM BERBAGAI BENTUK. JADI “CIVIC VIRTUE” ADALAH
KEMAUAN SETIAP WARGANEGARA UTK MENEMPATKAN KEPENTINGAN UMUM DIATAS
KEPENTINGAN PRIBADI ATAU GOLONGAN.
-
14.
* SISTEM DEMOKRASI MENURUT UUD 1945 HASIL
AMANDEMEN 1 S/D 4, NILAI2 FUNDAMENTAL YG SECARA IDEAL MENJADI
TUMPUAN DEMOKRASI ALA/MODEL INDONESIA DAN MERUPAKAN INTI DR
KOMITMEN WNI ADALAH KEMERDEKAAN, KEIMANAN DAN KETAQWAAN TERHADAP TUHAN
YME, KEMANUSIAAN YG ADIL DAN BERADAB, KESATUAN DAN PERSATUAN,
KERAKYATAN YG DIPIMPIN OLEH KEBIJAKSANAAN, MUSYAWARAH,
KEADILAN DAN KESEJAHTERAAN, KEBINET PRESIDENSIL, PEMILU YG LUBER,
JUJUR DAN ADIL, KESEJAJARAN DPR DGN PEMERINTAH, OTONOMI DAERAH,
KEHAKIMAN YG MERDEKA, HAK ASASI MANUSIA (POLEKSOSBUD, PENDIDIKAN DAN
AGAMA), SERTA KESEJAHTERAAN RAKYAT YG BERKEADILAN. * UTK MEWUJUDKAN
NILAI2 FUNDAMENTAL DEMOKRASI TSB DLM KEHIDUPAN MASYA. SE-HARI2
DIPERLUKAN CIVIC CULTURE INDONESIA, BUKAN PARTICULARISTIC CULTURE
SUKU, AGAMA, KOMUNITAS, GOLONGAN DAN PARTAI POLITIK * NAMUN DLM
PEMBANGUNAN CIVIC CULTURE INDONESIA TDK DIARTI KAN MELEBURNYA BUDAYA
KOMUNITARIAN MENJADI SUATU BUDAYA BARU DI INDONESIA.
-
15.
• PENGEMBANGAN CIVIC VIRTUE, MERUPAKAN LANDASAN
UTK PENGEMBANGAN CIVIC PARTICIPATION YG MEMANG MERUPAKAN TUJUAN
AKHIR DR CIVIC EDUCATION.• CIVIC PARTICIPATION DIKEMBANGKAN DGN TUJUAN
MEMBERIKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN YG DIPERLUKAN UTK
PERANSERTA SECARA AKTIF MASYARAKAT.• KITA KETAHUI MENGAPA
BANGSA INDONESIA DLM BERBAGAI LAPISAN SOSIAL TERKESAN BELUM BISA
MENJALANKAN CITA2, NILAI2 DAN PRINSIP DEMOKRASI, DGN DEMIKIAN
MELALUI PENGEMBANGAN PARADIGMA BARU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN,
YG NOTABENNYA MENCAKUP PENDIDIKAN DEMOKRASI DAN HAM
DIDALAMNYA.• SECARA KONSEPTUAL ILNIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGA RAAN
MERUPAKAN SUATU WAHANA PENDIDIKAN DEMOKRASI YG MENGANDUNG 3
DIMENSI, YAITU: KAJIAN ILMIAH KEWARGANEGARAAN, PROGRAM
KURIKULER KEWARGANE GARAAN, DAN AKTIFITAS SOSIAL KULTURAL
KEWARGANEGA RAAN (WINATAPUTRA, 2001). KEWARGANEGARAAN
SBG PENDIDIKAN DEMOKRASI KONSTITUSIONAL IND. YG RELIGIUS
DAN MENCERDASKAN (UUD 1945) DAN BERSIFAT MULTI DIMENSIONAL DAN
DITANGANI SECARA PROFESIONAL.
-
16.
B. PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI
LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI• PKn MULAI TAHUN 1990 WAJIB MASUK
KURIKULUM PERGURUAN TINGGI YAITU PENDIDIKAN KEWIRAAN (PASAL 39
AYAT (2) UU NO. 2/1989 TTG SISDIKNAS.• PKn SBG USAHA UTK MEMBEKALI
PESERTA DIDIK DGN PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN DASAR BERKENAAN DGN
HUBUNGAN ANTARA WARGA NEGARA DGN NEGARA, SERTA PENDIDIKAN PENDAHULUAN
BELA NEGARA (PPBN) AGAR MENJADI WARGA NEGARA YG DPT DIANDALKAN OLEH
BANGSA DAN NEGARA (UU NO. 20/2003 TTG SISDIKNAS).• OLEH SEBAB ITU
DISETIAP PERGURUAN TINGGI NEGERI MAUPUN SWASTA, DIMASUKKAN KEDALAM
KURIKULUM WAJIB DIIKUTI OLEH SETIAP MAHASISWA, DAN HARUS MENDAPAT
NILAI MINIMAL C.
-
17.
KONFERENSI 9 MENTERI PENDIDIKAN DR NEGARA2
TERBESAR PENDUDUKNYA DI NEW DELHI PD TAHUN 1996, NEBYEPAKATI SUATU
PANDANGAN DAN BERPENDAPAT BAHWA PENDIDIKAN ABAB XXI, HRS BERPERAN
EFEKTIF, SBB:1. MEMPERSIAPKAN PRIBADI SBG WARGA NEGARA DAN ANGGOTA
MASYARAKAT YG BERTANGGUNG JAWAB.2. MENANAMKAN DASAR PEMBANGUNAN
BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE DEVELOPMENT) BAGI KESEJAHTERAAN MANUSIA
DAN KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP.3. MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN YG
BERORIENTASI PD PENGUASAAN, PENGEMBANGAN, DAN PENYEBARAN ILMU
PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN SENI DEMI KEPENTINGAN KEMANUSIAAN.
-
18.
PANDANGAN PENDIDIKAN ABAD XXI KONFERENSI
PENDIDIKAN TINGGI DI PARIS TAHUN 1998 SEBANYAK 140 NEGARA
(INDONESIA) MENYEPAKATI TANGGUNGJAWAB PENDIDIKAN TINGGI, ANTARA LAIN
:1. TDK HANYA MENERUSKAN NILAI2, MENTRANSFER ILMU PENGETAHUAN,
TEKNOLOGI DAN SENI, TTAPI JG MLAHIRKAN WARGA NEGARA YG BERKESADARAN
TINGGI TTG BANGSA DAN KEMANUSIAAN.2. MEMPERSIAPKAN TENAGA KERJA MASA
DEPAN YANG PRODUKTIF DLM KONTEKS DINAMIS.3. MENGUBAH CARA BERPIKIR,
SIKAP HIDUP DAN PRILAKU BERKARYA INDIVIDU MAUPUN KELOMPOK MASYARAKAT
DLM RANGKA MEMPERAKARSAI PERUBAHAN SOSIAL YG DIPERLUKAN SERTA
MENDORONG PERUBAHAN KEARAH KEMAJUAN YG ADIL DAN BEBAS. SEARAH DGN
PERUBAHAN PENDIDIKAN KE MASA DEPAN SBG KESEPAKATAN DUNIA.
-
19.
SESUAI DGN VISI PENDIDIKAN TINGGI 2010, MUATAN
SUBSTANSI KAJIAN DAN MATERI INSTRUKSIONAL PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN DIHARAPKAN DPT MENCAPAI INDIKATOR
KEBERHASILAN PERWUJUDAN MASY. INDONESIA 2020 YG RELEVAN, SBB:1.
TUMBUHNYA PENGHORMATAN TERHADAP MARTABAT MANUSIA.2.
BERKEMBANGNYA BUDAYA DAN PRILAKU SPORTIF SERTA MENGHARGAI DAN
MENERIMA PERBEDAAN DALAM KEMAJUMUKAN.3. MENINGKATNYA:
SEMANGAT PERSATUAN DAN KERUKUNAN BANGSA, SERTA TOLERANSI, KEPEDULIAN
DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL.4. MENGUATNYA PARTISIPASI POLITIK SBG
PERWUJUDAN KEDAULATAN RAKYAT DAN KONTROL SOSIAL MASYARAKAT5.
BERKEMBANGNYA ORGANISASI SOSIAL KEMAYARAKATAN DAN POLITIK YG
BERSIFAT TERBUKA DAN BERMARTABAT.6. MEMILIKI KEMAMPUAN DAN
KETANGGUHAN DLM MENYELENGGARA KAN KEHIDUPAN BERBANGSA DAN
BERNEGARA DI-TENGAH2 PERGAULAN ANTAR BANGSA, DGN MENINGKATKAN DAYA
SAING BANGSA AGAR SEJAJAR DENGAN BANGSA2 LAIN DI DUNIA.
-
20.
MASYARAKAT INDONESIA SPT WUJUD VISI INDONESIS
2020,SBG “MASYARAKAT MADANI”, YAITU MASYARAKAT YG MEMILIKI“KEADABAN
DEMOKRASI” , ADALAH SBB:1. BERIMAN DAN BERTAQWA TERHADAP TUHAN YME DAN
PANCASILA.2. DEMOKRATIK, BERKEADABAN, MENGHARGAI PERBEDAAN,
KERAGAMAN, PENDAPAT DAN PANDANGAN.3. MENGAKUI DAN MENJUNJUNG TINGGI HAM,
KESETARAAN DAN TDK DISKRIMINATIF.4. SABAR, TUNDUK PD HUKUM DAN
KETERTIBAN MASYA.5. MAMPU BERPARTISIPASI DLM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
PUBLIK, MEMILIKI KEAHLIAN, KETRAMPILAN KOMPETITIF DGN SOLIDARITAS
UNIVERSAL.6. MENJUNJUNG TINGGI NILAI2 LUHUR YG MENGAKAR PD MASYARAKAT
BERADAB DAN DEMOKRATIS.7. BELAJAR DAN BERLANGSUNG SPANJANG
HAYAT, MEMBANGUN WNI YG BERADAB DAN DEMOKRATIS8. BELAJAR SPANJANG
HAYAT MEMBANGUN WNI YG BERKEADABAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar