Rabu, 26 November 2014

Penyusunan TNA

Langkah kerja untuk menyusun TNA adalah sebagai berikut:
1.        Pelajari laporan hasil pengolahan dan interpretasi data dari hasil langkah kerja sebelumnya.
2.       Susunlah kebutuhan Diklat dengan langkah kerja sebagai berikut:……
a.        Lakukan analisis terhadap Form TNA 03 dan beri tanda (v) pada setiap mata Diklat dengan katagori/klasifikasi MK (Musk Know) dan SK (Should Know) yang berarti mata Diklat tersebut  merupakan kebutuhan Diklat kelompok kerja/ sekolah/ rayon yang bersangkutan.
b.      Tentukan kebutuhan Diklat untuk kelompok kerja/ sekolah/ rayon yang bersangkutan dengan cara merekapituasi kebutuhan Diklat dari nilai yang terendah sampai dengan yang tertinggi dari katagori SK (should Know) yaitu nilai=79.


c.    Hitunglah perkiraan alokasi kebutuhan waktu untuk masing-masing mata Diklat dengan acuan sebagai berikut:

Beberapa pertimbangan dalam menetapkan alokasi waktu dan Pengelompokan alokasi waktu pendidikan dan pelatihan untuk setiap mata tataran berdasarkan tingkat kebutuhan peserta.

No Kategori Mata Tataran % Rata-Rata Penguasaan Peserta Kelompok Alokasi Waktu Bobot Alokasi Waktu
1 Must Know         :  Harus Diketahui 0 – 40 A 6
2 Should Know      : Sebaiknya Diketahui 41 – 79 B 3
3 Nice to Know      : Ada Baiknya        Diketahui 80 – 100 C 1
  Total 10

d.    Langkah-langkah pengalokasian waktu untuk setiap mata diklat

1)    Masukkan data dari Format TNA 03 ke dalam Format TNA 04

2)    Lengkapi Format TNA 04 dengan menghitung:
a)        Tingkat Penguasaan Rata-rata kelompok kerja/Sekolah/Rayon
b)        Total Bobot Alokasi Waktu per kelompok kerja/Sekolah/Rayon
Format: TNA03

Contoh hasil pengisian format TNA 03
FORMAT REKAPITULASI TRAINING NEEDS ASESSMENT
Nama Kelompok Kerja  :   KKG Mandiri
Jumlah Sampel                              :  40 orang
Lokasi                                             :  Raja Ampat
Tanggal Direkap                            :  24 Juli 2010
  No   Kompetensi Tingkat Penguasaan Rata-Rata (%) Kategori Kebutuhan Diklat Kebutuhan Diklat
(v)
  Jumlah Peserta
1 Menguasai Karakteristik peserta didik 36 MK V 40
2 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik 48 SK V 40
3 Pengembangan kurikulum 46 SK V 40
4 Kegiatan pembelajaran yang mendidik 64 SK V 40
5 Pengembangan potensi peserta didik 66 SK V 40
6 Komunikasi dengan peserta didik 68 SK V 40
7 Penilaian dan evaluasi 72 SK V 40
8 Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional 72 SK V 40
9 Menunjukkan pribadi  yang dewasa dan teladan 58 SK V 40
10 Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru 54 SK V 40
11 Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif 80 NK   40
12 Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik dan masyarakat 70 SK V 40
13 Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu 70 SK V 40
14 Meningkatkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif 80 NK   40


………………….., tanggal:……………………..
Kep. Sek. / Pengawas Ybs.


(……………………………)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar