1. Pelajari laporan hasil pengolahan dan interpretasi data dari hasil langkah kerja sebelumnya.
2. Susunlah kebutuhan Diklat dengan langkah kerja sebagai berikut:……
a. Lakukan analisis terhadap Form TNA 03 dan beri tanda (v) pada setiap mata Diklat dengan katagori/klasifikasi MK (Musk Know) dan SK (Should Know) yang berarti mata Diklat tersebut merupakan kebutuhan Diklat kelompok kerja/ sekolah/ rayon yang bersangkutan.
b. Tentukan kebutuhan Diklat untuk kelompok kerja/ sekolah/ rayon yang bersangkutan dengan cara merekapituasi kebutuhan Diklat dari nilai yang terendah sampai dengan yang tertinggi dari katagori SK (should Know) yaitu nilai=79.
c. Hitunglah perkiraan alokasi kebutuhan waktu untuk masing-masing mata Diklat dengan acuan sebagai berikut:
Beberapa pertimbangan dalam menetapkan alokasi waktu dan Pengelompokan alokasi waktu pendidikan dan pelatihan untuk setiap mata tataran berdasarkan tingkat kebutuhan peserta.
No | Kategori Mata Tataran | % Rata-Rata Penguasaan Peserta | Kelompok Alokasi Waktu | Bobot Alokasi Waktu |
1 | Must Know : Harus Diketahui | 0 – 40 | A | 6 |
2 | Should Know : Sebaiknya Diketahui | 41 – 79 | B | 3 |
3 | Nice to Know : Ada Baiknya Diketahui | 80 – 100 | C | 1 |
Total | 10 |
d. Langkah-langkah pengalokasian waktu untuk setiap mata diklat
1) Masukkan data dari Format TNA 03 ke dalam Format TNA 04
2) Lengkapi Format TNA 04 dengan menghitung:
a) Tingkat Penguasaan Rata-rata kelompok kerja/Sekolah/Rayon
b) Total Bobot Alokasi Waktu per kelompok kerja/Sekolah/Rayon
Format: TNA03
Contoh hasil pengisian format TNA 03
FORMAT REKAPITULASI TRAINING NEEDS ASESSMENT
Nama Kelompok Kerja : KKG Mandiri
Jumlah Sampel : 40 orang
Lokasi : Raja Ampat
Tanggal Direkap : 24 Juli 2010
No | Kompetensi | Tingkat Penguasaan Rata-Rata (%) | Kategori Kebutuhan Diklat | Kebutuhan
Diklat (v) |
Jumlah Peserta |
1 | Menguasai Karakteristik peserta didik | 36 | MK | V | 40 |
2 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik | 48 | SK | V | 40 |
3 | Pengembangan kurikulum | 46 | SK | V | 40 |
4 | Kegiatan pembelajaran yang mendidik | 64 | SK | V | 40 |
5 | Pengembangan potensi peserta didik | 66 | SK | V | 40 |
6 | Komunikasi dengan peserta didik | 68 | SK | V | 40 |
7 | Penilaian dan evaluasi | 72 | SK | V | 40 |
8 | Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional | 72 | SK | V | 40 |
9 | Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan | 58 | SK | V | 40 |
10 | Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru | 54 | SK | V | 40 |
11 | Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif | 80 | NK | 40 | |
12 | Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik dan masyarakat | 70 | SK | V | 40 |
13 | Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | 70 | SK | V | 40 |
14 | Meningkatkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif | 80 | NK | 40 |
………………….., tanggal:……………………..
Kep. Sek. / Pengawas Ybs.
(……………………………)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar