Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) guru fisika
sangat dituntut dalam kreatifitas membuat alat-alat sederhana yang mampu
menjelaskan teori dan konsep fisika, sesuai dengan peralatan yang ada
dan kondisi daerahnya agar tervisualisasi sehingga mudah dipahami dan
dimengerti siswanya. Untuk itu peranan laboratorium fisika menjadi
sangat penting, karena laboratorium merupakan pusat proses belajar
mengajar untuk mengadakan percobaan, penyelidikan atau penelitian (Ar1,
2007).
Adapun peranan laboratorium sekolah antara lain :
1. Laboratorium sekolah sebagai tempat timbulnya berbagai masalah sekaligus sebagai tempat untuk memecahkan masalah tersebut.
2. Laboratorium sekolah sebagai tempat untuk melatih keterampilan serta kebiasaan menemukan suatu masalah dan sikap teliti.
3. Laboratorium sekolah sebagai tempat yang dapat mendorong semangat
peserta didik untuk memperdalam pengertian dari suatu fakta yang
diselidiki atau diamatinya.
4. Laboratorium sekolah berfungsi pula sebagai tempat untuk melatih
peserta didik bersikap cermat, bersikap sabar dan jujur, serta berpikir
kritis dan cekatan.
5. Laboratorium sebagai tempat bagi para peserta didik untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya (Emha, 2002).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar